«

»

Oct 24 2016

Kegiatan Bulan Bahasa 2016

Dongkrak Mental, Tumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik

      Pelaksanaan tahunan Bulan Bahasa di SMA Negeri 5 Denpasar meriah. Pasalnya, hampir seluruh peserta didik ikut terlibat dalam kegiatan ini. Mengambil hari Kamis-Jumat (20 dan 21 Oktober), kegiatan yang notabene acara yang tidak terlewatkan setiap tahunnya ini seperti biasanya diisi dengan kegiatan perlombaan. Tidak hanya lomba dalam bentuk Bahasa Indonesia, tetapi Bahasa Lokal (Bali) dan Internasional (Inggris) pun ikut dilombakan.

Bertindak selaku koordinator pelaksana, A.A. Rai Dalem Mahendra mengatakan, target utama pelaksaan kegiatan ini adalah siswa dan siswi Smanela. Persiapan-persiapan yang dilakukan dalam melaksanakan Bulan Bahasa ini dilakukan mulai dari pembentukan panitia, menyiapkan sarana dan prasarana hingga program lomba serta bentuk penilaian. Kegiatan ini, lanjut dia, bertujuan sebagai sarana pembangkit semangat untuk mengembangkan bahasa persatuannya.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan Bulan Bahasa ini mampu mendongkrak mental para siswa agar lebih berkompeten dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka masing-masing. “Dengan adanya bulan bahasa ini, siswa dapat menjadi individual yang lebih berprestasi, seperti lomba pidato jika siswa itu turun ke masyarakat, ia akan mampu berpidato dengan cakap,” kata Dalem.

Perlombaan bulan bahasa ini, menurut Dika salah satu siswi Smanela, mampu menunjukkan persaingan pada setiap murid, tidak hanya persaingan dalam kelas, namun juga persaingan antarkelas. Jadi, sambungnya, setiap siswa yang mengikuti lomba dapat mengetahui seberapa kemampuannya dalam menguasai suatu bakat. “Saya sendiri yang ikut serta dalam perlombaan debat bahasa Indonesia bisa mengasah kemampuan saya sampai mana, jadi tidak monoton hanya di situ saja,” pungkasnya. (res)

bubah2 bubah3 bubah bubah1